Arena 123, Minggu 07 Desember 2014

Tayang tiap Ahad (kecuali ada acara insedental), pukul 08.30. tentunya di TVRI

Terbanglah Ruru

dari awan biru

ajaklah aku kenali dunia

terbanglah Ruru

Episode Ke 2 #Georgia

Sekolah yang menjadi tuan rumah kali ini, yaitu SDN GUNUNG 03 Pagi, Jakarta. Kedatangan bapak duta Zurab Aleksidze dan kak Devi Monica di sambut dengan meriah, tentunya dengan kibaran bendera Indonesia dan Georgia, yang warnanya sama2 merah putih, teriakan yeeeeeee (Indonesia banget ya J), serta adu tos dengan bapak duta. Kedatangan Bapak Duta dan Kak Devi di buka dengan pengalungan kalungan bunga sebagai pembuka (hal lumrah dalam sambutan kedatangan tamu) dan Tarian pendet, yaitu tarian tradisional yang berasal dari Bali, terus ke atraksi Angklung yang sekarang sudah mendunia plus tarian modern dengan kostum warna ungu dan merah. Rame euy.

Terus tamu ini di antar oleh host ke ruangan kelas karena di kelaslah acara Cerdas Ria dilaksanakan. Adapun nama2 kelompok adalah nama pahlawan nasional semua. Grup Cut Nyak Dien, Imam Bonjol dan Sudirman. adapun pertanyaan si sesi ini, yaitu:

  1. Karena bapak duta berasal dari Georgia, maka pertanyaan pertama, Dimanakah letak Negara Georgia? Awalnya ada yang jawab Eropa Barat, tentu saja salah. Jawabannya yang benar di Eropa Timur
  2. Berapa jumlah penduduk Georgia? Awalnya di jawab 4 juta salah, dia koreksi jawabannya jadi 3 juta salah lagi. Ada kelompok lain yang menjawab 50 juta, lebih salah. Lha, ini Negara kecil banget, masak mencapai 50 juta jawabannya. Akhirnya jawaban awal 4 juta tadi dibenarkan, karena mendekat jumlah populasi sebenarnya. Yaitu 4,5 juta jiwa.
  3. Sebutkan negara2 yang menjadi batas Georgia. Di jawab Rusia, benar, Armenia, benar lagi. Azerbaijan, benar juga. Satu lagi Turki ga di sebut.

Selesai sudah acara tentang petanyaan berkaitan Negara Georgia, lanjut ke game selanjutnya yaitu menggambar dengan mata tertutup. Bapak duta di minta untuk menggambar kucing, sedangkan adek2 disana menggambar wajah bapak duta. Lucu deh. Aneh2 gambarnya.

Lanjut ke halaman sekolah, karena disanalah acara yang lebih seru akan dilaksanakan. Yuk, ke TKP. Game pertama ‘memindahkan karet dengan sedotan’. Asyiiiiiiiiiiiik. Trus game ular naga (benar ga ya namanya), yang cara mainnya masing2 grup terdiri dari banyak anggota, dan masing2 grup berusaha agar anggotanya tidak di ambil oleh grup yang lain. Waktu kuliah dulu sering juga main game ini.

Karena sekolah ini terkenal dengan Tarian Poco-Poco, maka menampilkan tarian ini sambil bapak mengajak bapak duta. Tapi bapak duta rada bingung, maklum ga latihan dulu. Hehehe. Dan selalu ada acara jogged, tapi ama ga terlalu minat.

Sesi akhir, yaitu tanggapan bapak dubes mengenai kehadirannya di acara arena erti ori sami TVRI plus saat2 kedatangannya ke sekolah. Tanggapan bapaknya sangat positif, dan di suratnya tak lupa bapak tu menyampaikan pesan akan menunggu kedatangan anak2 indonesia di Georgia. See you in Georgia.

 

Arena 123, Minggu 30 November 2014

ruru

Terbanglah Ruru

dari awan biru

ajaklah aku kenali dunia

terbanglah Ruru

Episode Ke 1 #Georgia

Negara ini terletak di Benua Eropa. Tepatnya Eropa Timur. Ibukotanya Tbilisi. Adapun batas2 negaranya yaitu

Sebelah Utara berbatasan dengan Rusia

Sebelah Selatan berbatasan dengan Armenia

Sebelah Barat berbatasan dengan Turki

Sebelah Timur berbatasan dengan Azerbaijan

Bentuk pemerintahannya Republic, dengan jumlah penduduk ekitar 4,4 juta jiwa. Wah, dibandingkan Indonesia masih lebih banyak jumlah penduduk satu propinsi di Indonesia ne.

Anting2 yang di pakai Kak Devi adalah kerajinan khas dari Georgia yang di sebut Emanil.

Georgia memiliki alphabet tersendiri, yang lumayan bikin bingung, karena jarang diliat di media umum. Alphabetnya berjumlah 33 huruf. Negara ini memiliki budaya yang kental serta banyak kerajaan dan pegunungan.

Merdeka dari Uni Soviet pada tanggal 1 April 1991. Wah, baru merdeka ternyata. Dan semboyan negaranya “Kekuatan Melalui Persatuan”. Sebuah semboyan yang sangat bagus. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Georgia Cyrilic, dan sekitar 7% warganya menggunakan bahasa Rusia. Maklum, kan dulu di jajah Rusia.

Saat Kak Devi masuk ke rumah sang ambassador, ada begitu banyak barang yang bernuansakan Georgia. Mulai dari lukisan alam sana, kerajinan pedati, hingga beraneka pakaian tradisional setempat. Pas liat topi awalnya Kak Devi mau nyobain, eh ternyata mele only. Lucu juga bentuk topinya. Serasi dengan kepala sang ambassador saat ia memakainya.

bendera gorgia

Warna Bendera nasionalnya merah putih dengan gambar palang. Satu yang besar d tengah2, dan 4 palang kecil di setiap sudutnya. Tapi warna ini tidak memiliki arti, hanya saja dahulu pernah digunakan oleh salah satu kerajaan. Bendera ini diperkenalkan pada tahun 2004.

O ya, saat kak devi liat symbol goergia santo, katanya nama Georgia di ambil dari kata ini. Karena si Georgia santo adalah yang mengalahkan naga dan melindungi mereka. Weleh2.

Lanjut ke dapur Georgia, yang kali ini langsung dari chef terkenal dari Georgia, dengan menu Chakokbili, sambil belajar angka 1-10 dalam bahasa Georgia

Erti

Ori

Sami

Othki

Khuti

Ekvsi

Shvidi

Rva

Takhr

Atc

Aduh, nulisnya aja bingung, apalagi ngelafalnya. O ya satu lagi menu yang di buat yaitu “Pkhali”, dengan bahan utama bayam dan berbagai dedaunan. Sayang waktu ia bilang pakai cuka dari anggur jadi ragu, ini masuk khamar juga atau ga.

Lanjut ke sesi cerita asal mula Negara si ambassador yang intinya di mulai dengan pencarian burung Pegar. Dan Tbilisi sendiri artinya air hangat.

Terakhir sesi tukaran kado. Dari ARENa 123 ada souvenir mirip bantal, tentunya dengan tulisan Arena 123, dan si ambassador memberikan guci kecil khas negaranya.

Ok, penasaran dengan episode selanjutnya saat ke sekolah.

Arena 123, Minggu 23 November 2014

Episode Ke 2 #New Zealand

david taylor

Masih dengan teman2 di SD yang dikunjungi yakni SD Gunung 01 Pagi daerah kawasan Kebayoran Baru. Semua pihak mulai dari kepala sekolah, guru dan tentu saja siswa disana senang dengan kunjungan tamu yang akan datang. Ama aja yang ngeliatnya senang apalagi mereka yang hadir di sana, tentunya lebih senang lagi. Sambutan dengan kalungan bunga, antraksi berbagai tarian nusantara yang bermacam2, mulai dari tarian dari daerah papua, tari kipas yang ga tau dari daerah mana, hingga tari modern sepertinya yang meski dengan pakaian tradisional keren banget atraksinya.

Kedatangan bapak ambassador yang bernama David Taylor yang tentunya bersama kak Devi Monica di sambut dengan kalungan bunga, kibaran bendera Indonesia dan new zealand, atraksi pianika, permainan piano hingga pameran lukisan yang sedang di buat anak2 sekolah tersebut. Keren bingit deh, and so pasti meriah euy. Dan yang paling meriah adalah sambutan salam dari siswa-siswa yang local mereka menjadi tempang berlangsungnya kuis cerdas ria.

Subhanallah, ama aja takjub ngeliatnya, asli keren banget. Itu pakai bahasa inggris, meski mereka sedang duduk di meja, tapi tangan tak henti-hentinya bergerak, menabuh meja dan melakukan berbagai gaya yang keren benget. Pantas saja senyum awal mereka penuh makna, karena udah tau kalo siapapun yang melihat sambutan mereka it’s amazing. Sepertinya menjadi salam harian mereka disana. Karena banyak banget gerakan tangannya. Super deh. Seperti semangat mau perang aja J

Lewat sambutan ringan oleh Kak Devi, selanjutnya Sesi Cerdas Ria Arena di mulai oleh Bapak Ambassador. Dengan pertanyaan

  1. Apa bahasa maori selamat pagi. Jawabannya Kia Ora
  2. Apa nama hewan khas New Zealand. Jawabannya kiwi
  3. Berapa jumlah bintang di flag New Zealand. Jawabannya 4
  4. Apa nama hewan yang banyak diternakkan mungkin ya di New Zealand. habis ama ga terlalu jelas dengar bapaknya ngomong. Yang jelas jawabannya domba
  5. Apa nama film yang pernah di buat di New Zealand.. Jawabannya The Lord Of The Rings
  6. Siapa penyanyi yang terkenal dari New Zealand. Jawabannya Lorde dengan lagu Royal
  7. Siapa perdana menteri New Zealand. Jawabannya John Key

Selesai di Sesi Cerdas Ria Arena, Perlombaan selanjutnya yaitu melukis wajah ambassador. Semua peserta yang ikut lomba ini di tutup matanya dengan syal, termasuk ambassador juga. Semuanya gambarnya lucu-lucu, ga da yang mirip wajah dubes, berantakan malah. Tapi melihat ekspresi senang mereka menertawakan gambar teman mereka sendiri seru juga. Bikin ceria deh. Saat diliatin kertas yang di gambar dan ditanyain siapa yang menggambarnya, semua wajah peserta tersenyum malu. Hehehehe, yang penting ceria.

Selanjutnya bapak ambassador di minta bernyanyi, ia pun menyanyikan lagu nasional negaranya dan selanjutnya gantian bernyanyi, teman2 disana nyanyiin lagu nusantara “Potong Bebek Angsa”. Saat sang duta nyanyiin lagu potong bebek angsa, sepertinya ia juga bisa mengingat music lagu ini, meski tak sepenuhnya.

sesi terakhir yaitu bermain di luar dengan permainan bola dan tali, empat orang dengan dua buah tali di tangan mereka berusaha membawa satu bola ke ember yang ditentukan. Gampang2 susah.Inti lombva ini kekompakkan dan kerjasama. Terakhir Joged Asik. Ga dengar sih music apa yang sebanarnya di putar di sekolah itu, tapi kalau sudah acara joged, berarti tak lama lagi saatnya bernyanyi dan menari “Kaupun Istimewa”. Ah, sungguh masa anak2 itu begitu menyenangkan.

 

 

Arena 123, Minggu 16 November 2014

Dan sekolah yang menjadi host kali ini adalah SDN 01 Pagi, Jakarta

EDISI NEGARA NEW ZEALAND ATAU SELANDIA BARU

Di sebut juga dengan Aotearoa, yang berarti tanah yang berawan putih panjang. Dan dalam bahasa suku Maori apa kabar diucapkan dengan “Kia Ora”. Beribukota Willington. Adapun batas-batas Negara ini yaitu:

Sebelah utara berbatasan dengan negara2 Samudra Pasifik, yaitu New Caledonia dan Fiji

Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik

Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik lagi, tapi kalau makin ke bawah maka ada kutub selatan disana

Sebelah barat berbatasan dengan Pulau Tazmania

Sebelah barat laut berbatasan dengan Australia

Warna benderanya seperti lazimnya warna bendera koloni Inggris atau di sebut juga dengan istilah Union Jack atau Union Flag, meski mereka telah merdeka. Warna biru melambangkan lautan yang besar (kan dikelilingi Samudra), empat bintang bermakna souther flags

Merupakan sebuah Negara yang terkenal dengan KIWI. Ternyata kiwi ini mencakup tiga makna (berdasarkan paparan dari sang duta yakni “ David Taylor” plus informasi dari Wikipedia).

  1. Kiwi dengan arti nama hewan unggas, burung yang tidak bisa terbang. Burung ini tinggal di hutan, dan pada siang hari ia keluar mencari mangsa serangga. Karena populasinya yang makin dikit, hewan ini dijadikan icon Negara Selandia Baru.
  2. Nama buah yang cukup banyak juga di jumpai di Indonesia. Buah ini cukup kaya dengan vitamin C. melebihi dosis yang ada pada buah jeruk, dan bagus untuk anti kanker. Meski harganya juga lebih mahal dari buah jeruk, tapi karena kandungan gizinya juga tinggi ga papa deh. Hehehe. Ternyata kiwi itu ada dua jenis, kiwi yang hijau dan kiwi keemasan. Kayaknya kiwi yang keemasan aja deh yang paling banyak ama jumpai, atau ama yang ga tau gimana maksud kiwi yang hijau itu 😦
  3. Kiwi dengan arti sebutan bagi orang Selandia Baru.

O ya, ngomong2 kiwi, zaman SD dulu begitu famiiar dengan kata kiwi ne. Mungkin ga ama aja, tapi ytang sezaman dengan ama juga banyak. Soalnya semir sepatu yang paling populer adalah merek kiwi ini. Zaman sekolah dulu sepatu itu harus bersih, jadinya kalau belum jadwalnya nyuci sepatu, maka makai semir adalah solusi cerdas. Jadi ga salah juga tulisan yang ama baca di wikipedia kalau nyebutin merek semir sepatu kiwi ini dari new Zealand, karena kiwi memang nama khas dari negara mereka. Kalau zaman sekarang udah jarang ama liat semir sepatu ne. Ga tau juga, apakah karena anak2 sekarang jarang nyemir seatu, atau memeng produk ne ga eredar luas lagi.

Dari paparan si ambassador, suku asli orang Selandia Baru adalah suku Maori yang berasal dari Taiwan. Orang Taiwan berbeda dengan orang Tiongkok atau Cina. Mereka lebih banyak kesamaan dengan orang Indonesia. Negara ini ditemukan oleh Abel Tasman, warga Negara Belanda yang saat itu bertugas di Batavia. Saat itu Abel Tasman mendapat tugas untuk mengadakan eksplorasi ke Samudra Pasifik. Awalnya ia menemukan Pulau Tazmania. Tapi, karena kapalnya ga bisa berlabuh disana, maka ia pun hanya menancapkan bendera sebagai penanda daerah dan kemudian melanjutkan perjalanan dan bertemulah dengan Negara ini.

kue pavlovasumber foto langsung dari twitter sang ambassador https://twitter.com/DavidTaylorNZ/status/453395039750594560

Pavlova, adalah salah satu cemilan khas dari Negara ini, tapi baru tau juga kalau bikin kue itu pakai cuka, 2 sdm lagi. Tapi secara ada topping buah kiwi di atasnya, kayaknya enak juga tuh. Sayang ga tau kapan juga bisa icip2 kue khas dari Negara lain J.

Negeri ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional, ya iyalah, secara mereka merupakan salah satu Negara koloninya Inggris. Memiliki 4 musim, yang ketika ditanyain ke adek2 sekolah disana musim apa yang paling mereka suka, mayoritas menjawab musim salju. Aduh ga kebayang deh gimana dinginnya. Harus berlapis2 pertahanan tubuh kalau suatu saat ketemu dengan ne.

Kalau ama taunya new Zealand ne banyak susu disana. Secara sapi perahan merupakan pertenakan yang paling banyak dikembangkan. Dan karenanya juga ga salah dunk coklat juga termasuk komidty ekspor yang terkenal. Tapi semenjak coklat Cadbury ada yang mengandung babi, ama pun tak terlalu minat lagi beli coklat. Padahal dulu coklat termasuk daftar makanan ytang rutin ama beli kalau ke Palembang, ga cukup satu. Banyak malah. Ga enak juga kalau mau beli coklat lagi, meski sudah ada logo halal dari MUI, tapi persepsi memang bisa menghapus nafsu untuk menyicipinya.

Edisi ga bisa nonton streaming karena sinyalnya rada macet. Untung aja bisa nonton di useetv, tetap bisa deh nonton tayangan ne.

Berikut lirik lagu “KAUPUN ISTIMEWA” Arena 123

1, 2 dan 3

Mari kita bersama…

Mengikuti irama…

Lagu ini untuk kamu

Reff. Karena kau istimewa

Dalam daya dan gaya

Asal kau jangan lupa cinta sesama

Kembali ke reff.

 

1,2 dan 3

Manusia memang beda…

Yang penting giat usaha…

Tuk capai cita2…

Kembali ke reff.