Bismillahirrohmaanirrohiim

HUD

Bi artinya Dengan. Bi disini artinya Ba Isti’anah, yaitu ba meminta meminta perlindungan. Kita memohon pertolongan

Seperti kita pergi ke suatu tempat dengan apa? Dengan mobil, maka dengan pertolongan mobil tsb meski rumah kita jauh kita tetap bisa sampai ke tempat yang kita tuju. Mobil dalam bhs arab yakni sayyarotun. Ketika kita meminta pertolongan dengan mobil yang kita tumpangi, maka lazimnya memakai kita menggunakan ba sebelum sayyarot. Contoh, saya pergi ke kota dengan mobil. Adzhabu ilal madiinah bissayyaroh. Contoh lain, kita menulis dengan pena, maknanya kita dapat menulis dengan bantuan pena (bilqolam).

Memohon pertolongan kepada Allah. Karena kita tidak punya daya dan kekuatan. “tiada daya dan upaya melainkan dari Allah”. Kita dapat duduk karena Allah memberi kekuatan kepada kita untuk dapat duduk dan berakaktivitas. Kalau Allah mencabut kekuatan pada kita untuk duduk, maka kita pun tidak akan dapat duduk. Begitu juga dengan berlayarnya kapal di laut. Kalau air cair, maka kapal dapat berlayar, tapi kalau Allah membekukan air tsb, tentunya kapal pun tidak akan dapat berlayar. Makanya dalam Surat Hud Ayat 41 Allah berfirman kepada nabi Nuh“ dan dia berkata, “naiklah kamu semua ke dalamnya (kapal) dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya” (QS.11:41) (ayat ini termasuk Ayat IMALAH). Air ternyata tidak cukup untuk menggerakkan kapal, ada unsur lain yang membuatnya bisa bergerak, yaitu angin yang merupakan makhluk Allah. Angin pun tidak cukup, karena ada angin yang malah bisa menghancurkan, maka karena itu kita pun memohon pertolongan kepada Allah agar dengan ciptaannya tsb kita pun bisa selamat.

Contoh lain saat nabi Sulaiman mengirim surat kepada Ratu Bilqis yang saat itu musyrik. Nabi Sulaiman ingin agar ratu ini mengtauhidkan Allah, tapi perkara memberi petunjuk adalah ketentuan Allah, karena itu saat menulis surat pun nabi Sulaiman menuliskannya dengan meminta pertolongan kepada Allah. “sesungguhnya (surat) itu dari Sulaiman yang isinya, “Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha penyayang” (Q.S 27:30). Akhirnya Ratu Bilqis dan pembesarnya pun menyerahkan diri masuk Islam dengan pertolongan Allah.

al-naml30-31Dua ayat ini adalah amalan para nabi, yaitu nabi Nuh dan nabi Sulaiman. Maka membaca basmalah adalah amalan para nabi. Kalau amalan para nabi hendaklah kita mengikutinya. Karena para nabi adalah orang yang mendapat petunjuk. Mengikuti orang yang mendapat petunjuk akan membuat kita pun mendapat petunjuk.

Itulah alasannya mengapa Allah meletakkan basmalah di ayat yang pertama di awal surat, sebab itulah ilmu pertama sebelum memulai suatu perbuatan. Ayat pertama yang turun pun juga meyuruh nabi agar meminta tolong kepada Tuhan yang telah menciptakanmu. Kalau kamu meminta pertolongan kepada Allah, maka yang mustahil pun bisa berlaku. Api yang membakar bisa sejuk, laut yang mengalir pun bisa terpelah, itulah dengan pertolongan Allah. Imam Syayuti Mengatakan, nabi bersabda “Siapa yang tidak memulai suat perbuatan dengan ucapan basmalah, maka perbuatannya itu sia-sia”

Ismi artinya Nama. Kenapa harus ada “nama” juga. Kita ada dzat Allah (satu) dan nama Allah (banyak). Contoh arrohman, arrohiim, al malik, al quds, dll. Kenapa meminta pertolongan harus dengan nama Allah? Karena meminta tolong itu harus dengan menyebut nama Allah. Contoh, ya rohman, ya rohiim, dll. Memohon pertolongan dengan menyeru Allah. Dengan memanggil Allah dengan namanya, maka Allah akan memberi pertolongannya.

Bismillah dan billah sebenarnya sama dalam hal makna. Tetapi dibismillah di pakai ismi untuk membedakan antara memohon pertolongan kepada Allah atau bersumpah dengan nama Allah. billah lebih digunakan untuk bersumpah. Salah satu huruf sumpah adalah bi, jadi untuk membedakan antara meminta pertolongan kepada Allah atau untuk bersumpah.

Dalam penulisan bismillah, sebenarnya adalah hamzah wasl (alif yang di tulis tapi tidak di lafalkan), tetapi tidak di tulis. Kenapa? Karena ia adalah ucapan yang selalu dilafalkan, selalu diamalkan, kasrotun isti’akmal maka tidak digunakan alif itu. tujuannya untuk memudahkan kita dalam penyebutan, tholaban lilhikfa. Seperti saat tidur kita membaca do’a ‘bismika Allahumma ahya wa amuut’. Jadi disini nampaklah kata bismillah ini penting dalam pekerjaan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s