Anak Indonesia TVRI

Anak Indonesia. Kalau minggu kemarin disiarkan lewat acara di stasiun TVRI Sumbar yang menampilkan lagu “Ayam Den Lapeh”, tarian pasambahan dengan background air terjun Lembah Anai, dan permainan tradisonal plus dendang “Lagu Untuk Mama”, nah, untuk minggu sekarang ini program ANAK INDONESIA disiarkan oleh TVRI Sumsel.

Dimulai dari Desa Cahaya Marga, Kabupaten OI. Dimana sarana transportasi umum yang digunakan adalah ketek, karena desa ini termasuk daerah yang dialiri Sungai Musi. Jadi transportasi lewat air adalah andalan utama mereka. Tentunya karena sering bermain di sunagi, maka berenang adalah keterampilan alamiah yang mereka miliki, serta kemampuan untuk bisa mendayung perahu adalah hal lain yang tumbuh secara alami. Bagi mereka sungai adalah kehidupan, ombak adalah teman. Jadinya lomba perahu bidar adalah perlombaan yang rutin mereka lakukan.

Permainan lain yang ditayangkan yaitu kerompang gondang. Permainan dari sarang siput yang telah dikeluarkan isinya, tapi ama belum pernah liat langsung permainan ne. terus ada main pantak lele juga. Nah, ini termasuk permainan khas Indonesia.

Kampung (rumah) kapitan adalah lokasi selanjutnya yang menjadi arena pertunjukan. Di mulai dengan Tarian Beremas sebagai sambutan awal. Terus ada yang namanya Dulmuluk. Tarian yang menggunakan Kuda Dulmuluk bukan Kuda Lumping. Dialognya menggunakan syairf, terus peran wanita tetap ditampilkan oleh lelaki karena tarian ini dahulunya ditampilkan pada malam hari dan sulit mencari wanita yang bisa memerankannya. Tapi sekarang tentunya ini bukan alasan lagi.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s