Film iran

Turtels can fly

Meski iran terkenal dengan ‘sarangnya’ syiah, namun untuk film bertemakan kehidupan nyata iran masuh dalam kategori ini. Sangat banyak film iran yang bertemakan pendidikan, perjuangan hidup serta miskinnya Negara mereka. Padahal iran termasuk Negara yang kaya dengan minyak, tapi nasibnya ga jauh beda dengan Indonesia. Hasil kekayaan alamnya bukan buat rakyat tapi segelintir pihak. Namun demikian, ternyata untuk pelajaran hidup sangat banyak film iran yang layak untuk di tonton, meski kebanyakan udah lama banget.

  1. Children of heaven
  2. Hayat
  3. Songs of sparrows
  4. Bashu
  5. Baran
  6. The white ballon
  7. Where is my friend’s house
  8. Pedar
  9. Turtles can fly

Beberapa ulasan tentang film ini ada di http://hiburan.kompasiana.com/film/2013/08/14/5-film-terbaik-iran-yang-pernah-tayang-di-tv-indonesia-584195.html

Tapi searching di youtube juga banyak kok. Intinya bagus2 deh. Dari nonton beberapa film iran ama dapat beberapa kesimpulan.

  1. Endingnya di tangan pemirsa. Mayoritas seperti ini yang ama tonton, karena itu meski tayangan sesuai dengan judul, namun kitalah penyimpul terakhirnya. Kalau baca synopsis dulu tentu lain cerita.
  2. Anaknya harus bekerja keras meski mereka sangat kecil. Tak jauh beda dengan kondisi di Indonesia. Malah mereka lebih lincah. Tapi rada bingung, apakah kaum ibunya emang sering sakit ya?
  3. Mengucapkan salam sebagai pemula percakapan, bahkan meskipun tidak bercakap, namun saat melewati kumpulan orang tua salam ini tetap diucapkan. Salamnya bukan lengkap seperti kita mengucapkan Assalamu’alaikum, tapi ya terbatas dengan kata ‘salam’.
  4. Kebanyakan berkisah tentang anak2. Apakah keharusan mereka bekerja, kehidupan sekolah, aktivitas membuat PR yang ternyata sangat penting bagi mereka yang bersekolah. Dan meski mereka masih kecil2, namun sayang mereka sangat jelas pada saudara sendiri. Children Of Heaven dan Hayat contoh terbaiknya.
  5. Bapak-bapaknya pemarah, namun suka dengan music juga.
  6. Cerita focus ke judul, jadi ga pakai edisi lompat sana lompat sini.
  7. Kebiasaan mereka minum teh, tapi pakai gula batu. Di film Baran dan Song Of Parrows keliatan banget.
  8. Karena mereka pengikut syiah, maka mereka suka berziarah.
  9. Anak cewek memakai jilbab dengan cara sekali ikat saja, meski rambut tetap kelihatan. Terus kalau masih kecil bajunya tetap lengan panjang, baik cewek ataupun cowok. Kalu cewek plus kaos kaki panjang yang tetap menutupi kaki mereka. Jadi meskipun pakai rok pendek, kakinya ga keliatan.
  10. Pendidikan untuk anak perempuan ternyata masih di anggap tidak penting. Bagi mereka keterampilanlah yang paling utama.
  11. Rakyat Iran ternyata miskin. Rumah penduduknya seperti biasa ja. Lewat lorong2 yang panjang, lalu hanya papan sebagai pintu, naik ke lantai atas yang tangganya batu. Berdempetan dengan tanah.
  12. Perang ternyata masih terjadi. bashu adalah contohnya
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s