Arena 123, Minggu 16 November 2014

Dan sekolah yang menjadi host kali ini adalah SDN 01 Pagi, Jakarta

EDISI NEGARA NEW ZEALAND ATAU SELANDIA BARU

Di sebut juga dengan Aotearoa, yang berarti tanah yang berawan putih panjang. Dan dalam bahasa suku Maori apa kabar diucapkan dengan “Kia Ora”. Beribukota Willington. Adapun batas-batas Negara ini yaitu:

Sebelah utara berbatasan dengan negara2 Samudra Pasifik, yaitu New Caledonia dan Fiji

Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik

Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik lagi, tapi kalau makin ke bawah maka ada kutub selatan disana

Sebelah barat berbatasan dengan Pulau Tazmania

Sebelah barat laut berbatasan dengan Australia

Warna benderanya seperti lazimnya warna bendera koloni Inggris atau di sebut juga dengan istilah Union Jack atau Union Flag, meski mereka telah merdeka. Warna biru melambangkan lautan yang besar (kan dikelilingi Samudra), empat bintang bermakna souther flags

Merupakan sebuah Negara yang terkenal dengan KIWI. Ternyata kiwi ini mencakup tiga makna (berdasarkan paparan dari sang duta yakni “ David Taylor” plus informasi dari Wikipedia).

  1. Kiwi dengan arti nama hewan unggas, burung yang tidak bisa terbang. Burung ini tinggal di hutan, dan pada siang hari ia keluar mencari mangsa serangga. Karena populasinya yang makin dikit, hewan ini dijadikan icon Negara Selandia Baru.
  2. Nama buah yang cukup banyak juga di jumpai di Indonesia. Buah ini cukup kaya dengan vitamin C. melebihi dosis yang ada pada buah jeruk, dan bagus untuk anti kanker. Meski harganya juga lebih mahal dari buah jeruk, tapi karena kandungan gizinya juga tinggi ga papa deh. Hehehe. Ternyata kiwi itu ada dua jenis, kiwi yang hijau dan kiwi keemasan. Kayaknya kiwi yang keemasan aja deh yang paling banyak ama jumpai, atau ama yang ga tau gimana maksud kiwi yang hijau itu 😦
  3. Kiwi dengan arti sebutan bagi orang Selandia Baru.

O ya, ngomong2 kiwi, zaman SD dulu begitu famiiar dengan kata kiwi ne. Mungkin ga ama aja, tapi ytang sezaman dengan ama juga banyak. Soalnya semir sepatu yang paling populer adalah merek kiwi ini. Zaman sekolah dulu sepatu itu harus bersih, jadinya kalau belum jadwalnya nyuci sepatu, maka makai semir adalah solusi cerdas. Jadi ga salah juga tulisan yang ama baca di wikipedia kalau nyebutin merek semir sepatu kiwi ini dari new Zealand, karena kiwi memang nama khas dari negara mereka. Kalau zaman sekarang udah jarang ama liat semir sepatu ne. Ga tau juga, apakah karena anak2 sekarang jarang nyemir seatu, atau memeng produk ne ga eredar luas lagi.

Dari paparan si ambassador, suku asli orang Selandia Baru adalah suku Maori yang berasal dari Taiwan. Orang Taiwan berbeda dengan orang Tiongkok atau Cina. Mereka lebih banyak kesamaan dengan orang Indonesia. Negara ini ditemukan oleh Abel Tasman, warga Negara Belanda yang saat itu bertugas di Batavia. Saat itu Abel Tasman mendapat tugas untuk mengadakan eksplorasi ke Samudra Pasifik. Awalnya ia menemukan Pulau Tazmania. Tapi, karena kapalnya ga bisa berlabuh disana, maka ia pun hanya menancapkan bendera sebagai penanda daerah dan kemudian melanjutkan perjalanan dan bertemulah dengan Negara ini.

kue pavlovasumber foto langsung dari twitter sang ambassador https://twitter.com/DavidTaylorNZ/status/453395039750594560

Pavlova, adalah salah satu cemilan khas dari Negara ini, tapi baru tau juga kalau bikin kue itu pakai cuka, 2 sdm lagi. Tapi secara ada topping buah kiwi di atasnya, kayaknya enak juga tuh. Sayang ga tau kapan juga bisa icip2 kue khas dari Negara lain J.

Negeri ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional, ya iyalah, secara mereka merupakan salah satu Negara koloninya Inggris. Memiliki 4 musim, yang ketika ditanyain ke adek2 sekolah disana musim apa yang paling mereka suka, mayoritas menjawab musim salju. Aduh ga kebayang deh gimana dinginnya. Harus berlapis2 pertahanan tubuh kalau suatu saat ketemu dengan ne.

Kalau ama taunya new Zealand ne banyak susu disana. Secara sapi perahan merupakan pertenakan yang paling banyak dikembangkan. Dan karenanya juga ga salah dunk coklat juga termasuk komidty ekspor yang terkenal. Tapi semenjak coklat Cadbury ada yang mengandung babi, ama pun tak terlalu minat lagi beli coklat. Padahal dulu coklat termasuk daftar makanan ytang rutin ama beli kalau ke Palembang, ga cukup satu. Banyak malah. Ga enak juga kalau mau beli coklat lagi, meski sudah ada logo halal dari MUI, tapi persepsi memang bisa menghapus nafsu untuk menyicipinya.

Edisi ga bisa nonton streaming karena sinyalnya rada macet. Untung aja bisa nonton di useetv, tetap bisa deh nonton tayangan ne.

Berikut lirik lagu “KAUPUN ISTIMEWA” Arena 123

1, 2 dan 3

Mari kita bersama…

Mengikuti irama…

Lagu ini untuk kamu

Reff. Karena kau istimewa

Dalam daya dan gaya

Asal kau jangan lupa cinta sesama

Kembali ke reff.

 

1,2 dan 3

Manusia memang beda…

Yang penting giat usaha…

Tuk capai cita2…

Kembali ke reff.

 

Iklan

6 thoughts on “Arena 123, Minggu 16 November 2014

  1. untuk acara kuis biasanya di jawab ke alamat email “arena123tvri@gmailcom” atau di antar langsung ke kantor TVRI jakarta. sayang karena ada logo useetv jadi ga kebaca lengkap deh alamatnya

  2. Wah… jdi keingat masa kecil dulu mas. Dulu klo ga salah kak devi kan jga prnh meliput tntg negara selandia baru ini. Bhkn lngsung brkunjung ksna, dan dityngkn jg bbrp episode tntg selandia baru. Klo ga salah tu d awal thn 2000an.

    • aduh, saya cewek. jangan di panggil mas. Uni, kalau panggilan ceweknya Minang. yup, saya kangen juga dengan film ne. sangat berkesan. waktu masih kecil belum terlalu ingat dengan pembahasan yang ditayangkan, tapi lagunya sangat bagus. jadi pas tau TVRI nyiarin kembali acara ini sekarang, makin senang. meski ga da di youtube. coba ada yang upload, kan lebih pus nontonnya

  3. Wah… bgus nih uni tuk tambahan info nya tentang Arena 123.
    Ada juga tuh lagunya yang lain, ingat gak lagu ini:

    “Apa kabar kawan, salam dan bermain, 1…2…dan 3…
    Salam dan bermain, memang acaranya , 1..2..dan 3…
    Cintailah nusantara, dan kenali dunia…
    Dengan senang hati, oh betapa indahnya …. Ho ho ho

    Warnailah hidupmu…
    Dengan ragam sabahat…
    Yakin kau istimewa, di Arena 123…”

    Pasti uni masih ingat lagu di atas.
    Salam blogwalker!
    Kunjung balik ya, uni!! 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s