ARENA 123 TVRI

TVRI, Televisi Republik Indonesia, stasiun perdana yang tentunya menjadi saluran paling tua di antara saluran-saluran televisi lainnya yang ada. Namanya stasiun pemerintah tentu saja acara2 yang dihadirkan sesuai dengan standarisasi yang ditetapkan pemerintah. Sebelum stasiun komersial menjamur seperti sekarang ia adalah primadona tayangan rakyat indonesia. Tentu saja pendahulu kita sangat akrab dengan stasiun ini, bahkan dengan televisi jadul yang mereka miliki.

Meski sekarang ia mulai banyak ditinggalkan, namun ketika memiliki kesempatan untuk menonton televisi, maka channel inilah yang menjadi primadonaku. Selain tidak banyak iklan komersil yang sangat menggangu, semua tayangan di TVRI tentunya aman untuk dinikmati. Lain halnya dengan channel yang lain, yang bahkan dengan iklan saja sudah merusak, belum lagi dengan tayangan yang saat ini sangat banyak bertentangan dengan norma agama dan budaya. Karena itu, sekalipun jarang menonton, namun satu persatu tayangan di TVRI ku tahu. Seperti jam subuh yang di isi dengan ceramah agama, yang hebatnya pemateri ini bukan seperti ustadz komersil yang ada di channel lain. Saat menikmati di channel TVRI, maka ilmu yang disampaikan pemateri sangatlah terasa untuk sampai ke hati, karena yang menyampaikannya memang orang yang berilmu, bukan yang baru belajar ilmu.

Lepas acara rohani, maka saatnya mengetahui berita terkini. Lagi2 beda dengan channel komersil, berita di TVRI lebih ama beri perhatian lebih daripada stasiun yang lain. Karena reporter yang menyajikan berita memang mendapatkan berita tersebut, bukan mengkopas dari yang lain, karena stasiun ini memiliki cabang di seluruh indonesia, sehingga wartawan daerah memang mendapatkan berita yang terjadi di daerahnya masing2 untuk kemudian dilaporkan secara nasional. Dan untuk berita mancanegara, maka acara ini juga menyajikannya di sesi terakhir sebelum acara berakhir, plus pakai penerjemah buat masyarakat yang berkebutuhan khusus agar juga bisa mendapatkan informasi meskipun dengan keterbatasan indera yang mereka miliki.

Acara2 talkshow yang di buat menghadirkan pembicara yang kompeten di bidang tersebut. Seperti pagi dokter yang merupakan acara kesehatan yang rutin jam tayangnya menghadirkan dokter yang memang pakar di bidang tersebut, diskusi tentang ekonomi, pengelolaan keuangan, masalah yang lagi up date dan lain sebagainya, semua acara tsb di pandu oleh orang2 yang memang mengerti dengan topik yang mereka bahas, sehingga kita pun ketika menyaksikan acara merasa bahwa ada hal baru yang kita dapatkan dari acara ini.

Dan acara yang sangat berkesan sekali bagiku adalah arena 123. Karena saat SD tahun 1990-an, ini adalah acara yang termasuk ku tunggu untuk menyaksikannya. Bahkan, lagu penutup acara ini pun masih dengan lagu yang sama. Banyak manfaat yang di dapat ketika menyaksikan acara ini. Kak Desi yang mamandu acara di temani Ruru sang lebah, membawa kita berkeliling dunia membuka cakrawala tentang belahan bumi yang lain. Meski sayangnya tidak ada yang mengupload acara ini di youtube. Mungkin banyak yang merasa acara ini tidak menarik. Padahal sungguh, acara ini sangat menambah wawasan. Kita bisa belajar nama negara lain, lokasinya, berbatasan dengan negara apa, kebiasaan penduduknya, suasana negaranya, mata pencaharian, bahasa yang di pakai dan lain sebagainya. Kalaulah ada mau mengupload siaran ini tentu akan segara mendonlotnya, tapi sayang tidak ada. Yang ada hanya perkenalan tentang Ruru sang lebah.

Kita pun di pandu untuk mengenal bahasa atau budaya dari negara yang di kunjungi. Dan metode pengajarannya dengan lagu, sehingga sambil bernyanyi sambil belajar. Belajar angka, nama pakaian daerah, makanannya, bahasa sehari2, banyak deh. Coba ada yang mau mengupload siaran ini.
#berharapsangat

 

Iklan

One thought on “ARENA 123 TVRI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s