Ini karikatur singkat tentang kondisi mukena

Gambar

Sepertinya sudah lumrah ditemukan kalau kondisi berbagai mukena atau telekung di berbagai masjid dan musholla di Indonesia umumnya pada menjijikkan. Yup, menjijikkan, karena tidak sekedar kotor tapi juga baunya itu suangat menggangu. Kalau mau di cek kembali sebenarnya yang bikin kotor bertingkat itu adalah pemakainya, karena bau yang timbul itu sebenarnya lebih banyak karena air yang dibawa selepas berwudhu belum kering. sehingga menempel di kain dan karena makin lama makin basah bukannya makin kering sehingga muncullah jamur khas yang berwarna hitam dengan aroma yang tak sedap. kalau dalam bahasa kaminya Bakinciak aia. Tentunya ga nyaman banget kalau mau sholat ditemani aroma yang tak sedap, jadilah pilihan selalu membawa mukena pribadi itu sangat penting, kalaupun terlupa selagi masih ada waktu untuk menunda selalu mencoba pulang lebih awal agar tak sholat di luar, tapi kalaupun terpaksa terkadang lebih memilih memakai pakaian sendiri saja pengganti mukenanya, meski di beberapa tempat sempat di tegur jamaahnya karena merasa asing dengan orang yang sholat tanpa mukena bagi perempuan. Tapi mo gimana lagi, dipaksain memakainya malah kita yang sholat jadi ga betah. Sebenarnya gampang kok memelihara mukena agar tidak berjamur. Selepas sholat balikkan mukenanya agar yang basah tadi bisa kena angin yang membuatnya kering, kalaupun sudah mulai beraroma tak sedap tentu saja segera di cuci. Jangankan untuk sholat, pakaian sehari-hari saja tentu kita tak ingin memakainya ketika udah beberapa saat di pakai, apalagi ini mukena yang kita pakai ketika ingin mendirikan sholat. Tentu lebih malu lagi kalau baunya udah tak enak.

Karena itu, faktor kebersihan penting dalam Islam, karena memang fitrahnya manusia itu suka akan yang bersih n sebel kalo liat kotoran. So, di jagayuk mukena2 pinjamanyang kita manfaatkan.

Iklan

4 thoughts on “Ini karikatur singkat tentang kondisi mukena

  1. Salam kenal kembali. semoga info yang diberikan bermanfaat. sebenarnya mudah kok merawat mukena agar bebas jamuran, tapi kebanyakan cewek cenderung malas, makanya akhirnya jamuran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s